PENGANTAR ALGORITMA DAN FLOWCHART
Definisi Algoritma
❑ Algoritma adalah urutan
langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan
logis.
❑ Kata logis ( logika ) merupakan kata
kunci dalam algoritma.
❑ Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan bernilai benar atau salah.
Konsep Dasar Algoritma
❑ Agoritma adalah kumpulan
intruksi/perintah yang dibuat secara jelas dan sistematis berdasarkan urutan
yang logis (logika) untuk penyelesaian suatu masalah.
❑ French, c.s. (1984) menyatakan
sejumlah konsep yang mempunyai relevansi dengan masalah rancangan program yaitu
kemampuan computer, kesulitan dan ketepatan.
❑ Penerapan dari konsep tersebut biasanya digunakan dalam rancangan algoritma.
Dalam
merancang sebuah algoritma, Fletcher (1991) memberikan beberapa cara atau
metode yaitu kumpulan perintah, ekspresi, tabel intruksi, program computer,
kode semu, dan flow chart, sedangkan Knuth (1973) menyarankan algoritma
fundamental untuk keperluan matematika dan program computer, metode yang sering
digunakan yaitu:
❑ Diagram Alir (Flow chart)
❑ Kode Semu (Pseudo Code)
❑ Algoritma Fundamental
Diagram Alir (Flow chart)
❑ Flow chart adalah suatu representasi
secara diagram yang mengiluatrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk
mendapatkan suatu hasil.
❑ Dengan kata lain, flow chart
membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkn
algoritma dalam symbol-simbol gambar.
Kode Semu (Pseudo Code)
❑ Pseudo code adalah urutan baris
algoritma seperti code pemrograman dan tidak memiliki sintak yang baku.
❑ Contoh:
START
Masukkan A
Masukkan B,
Tampilkan B
Tampilkan A
End
Algoritma
Fundamental
Aturan
Algoritma Fundamental
1.
Nama/judul algoritma harus ditulis dengan huruf kapital
2. Berikan
komentar dan penjelasan pendahuluan.
3.
Pernyataan dan struktur Kontrol
4.
Nama-nama variabel harus ditulis dengan huruf besar
5. Input
dan output
6. Prosedur
7. Fungsi
Komponen
Algoritma
Knuth
(1973) menyatakan 5 komponen utama dalam algoritma yaitu finiteness, defineteness,
input, output dan effectivities. Sehingga dalam merancang sebuah algoritma ada
3 komponen yang harus ada yaitu :
❑ Komponen Masukan (Input)
❑ Komponen Keluaran (Output)
❑ Komponen Proses (Processing)
Komponen Masukan (Input)
Komponen ini biasanya terdiri dari pemilihan variabel, jenis variabel, tipe variabel, konstanta, dan parameter (dalam fungsi).
Komponen
Keluaran (Output)
❑ Komponen ini merupakan tujuan dari
perancangan algoritma dan program.
❑ Permasalahan yang diselesaikan dalam
algoritma dan program harus ditampilkan dalam komponen keluaran.
❑ Karakteristik yang baik adalah benar
(menjawab) permasalahan dan tampilan yang ramah (friendly).
Komponen Proses (Processing)
❑ Komponen ini merupakan bagian utama
dan terpenting dalam merancang sebuah algoritma.
Dalam bagian ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantic), rumusan, metode (rekursi, perbandingan, penggabungan, pengurangan, dan lain-lain).
Pemrograman
Dasar
❑ Pemrograman merupakan suatu proses
yang meliputi menulis, testing,
memperbaiki, dan memaintenace (memelihara) perintah-perintah (kode/
script) sebuah program komputer.
Sesuai
dengan pengertian diatas maka proses pemrograman yang akan dilalui yaitu :
❑ Programmer menulis kode-kode program
menggunakan bahasa pemrograman tertentu
❑ Setelah kode-kode selesai ditulis, programmer
akan melakukan rilis (biasanya ada versi program alfa, beta, dan stable) dan
testing.
❑ Lalu programmer akan mencari apakah
ada kesalahan (debug) pada program yang sudah dirisil
❑ Jika ditemukan debug, programmer
akan mencari dimana letak kesalahan kemudian memperbaikinya
❑ Tahap selanjutnya programmer akan
merilis program dengan versi yang lebih
baru. Lalu akan dilakukan pemeliharaan secara berkala.
Konsep
Dasar Pemrograman
Konsep
dasar pemrograman komputer yaitu:
❑ Input merupakan proses memasukan
data ke dalam komputer menggunakan perangkat input (mouse, keyboard atau
lainnya)
❑ Setelah data di inputkan maka akan
diproses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari :
menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat
penyimpanan (storage).
❑ Data yang sudah diproses akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output (speaker, monitor, atau lainnya).
Namun kini
konsep tersebut dikembangkan lagi menjadi Oiginating 🡪 Input 🡪 Proses 🡪 Output 🡪 Distribution.
❑ Originating yaitu pengumpulan data
yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.
❑ Sedangkan distribution adalah proses
menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.
Ada satu
lagi komponen penting yaitu Storage.
❑ Storage adalah tahapan yang merekam
hasil pengolahan data. Dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.
Bahasa
Pemrograman
❑ Bahasa pemrograman digunakan untuk
membuat sebuah program komputer yang terdiri dari kumpulan kode-kode (sintaks)
yang digunakan untuk mengerjakan proses tertentu pada komputer.
❑ Bahasa pemrograman memiliki tugas
untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa
menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer.
Gambaran sederhana komputer dan intruksi program
Berdasarkan
tingkatannya bahasa pemrograman komputer dibedakan menjadi 2 yaitu:
❑ Bahasa Tingkat Rendah : yaitu bahasa
pemrograman yang hanya dimengerti oleh mesin. Bahasa ini dikerjakan langsung
oleh mesin. Contohnya yaitu bahasa standar rakitan atau biasa kita kenal dengan
assembler.
❑ Bahasa tingkat tinggi : Bahasa ini
sudah mendekati bahasa manusia. Artinya pengguna sudah dapat memahami bahasa
ini. Mesin membutuhkan compiler untuk mengerjakan perintah. PHP, java, C++,
Pascal dan masih banyak lainnya merupakan contoh dari bahasa tingkat tinggi.
Flowchart
•
Bagan-bagan
yang mempunyai arus
•
Menggambarkan
langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
• Merupakan salah satu cara penyajian algoritma
Mengapa Flowchart
a.
Relationship
Flowchart dapat
memberikan gambaran yang efektif, jelas, dan ringkas tentang prosedur logic.
Teknik penyajian yang bersifat grafis jelas akan lebih baik daripada
uraian-uraian yang bersifat teks khususnya dalam menyajikan logika-logika yang
bersifat kompleks.
b. Analysis
Dengan
adanya pengungkapan yang jelas dalam model atau chart, maka para pembaca dapat
dengan mudah melihat permasalahan atau memfokuskan perhatian pada area-area
tertentu pada sistem informasi.
c.
Communication
Karena simbol-simbol yang digunakan mengikuti suatu standar tertentu yang sudah diakui secara umum, maka flowchart merupakan alat bantu yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan logika suatu masalah atau dalam mendokumentasikan logika tersebut.
Tujuan
❑ Menggambarkan suatu tahapan
penyelesaian masalah
❑ Secara sederhana, terurai, rapi dan
jelas
❑ Menggunakan simbol-simbol standar
Model / Jenis Flowchart
❑ System Flowchart
❑ Program Flowchart
System Flowchart
❑ Menggambarkan suatu sistem peralatan
komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar
peralatan tersebut
❑ Tidak digunakan untuk menggambarkan
urutan langkah untuk memecahkan masalah
❑ Hanya untuk menggambarkan prosedur
dalam sistem yang dibentuk
Contoh
Penggunaan System Flowchart
Program
Flowchart
❑ Menggambarkan urutan logika dari
suatu prosedur pemecahan masalah
❑ Dua jenis metode penggambaran
program flowchart :
❑ Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan
masalah secara global.
❑ Detail flowchart, menggambarkan alur pemecahan
masalah secara rinci
Contoh
Flowchart
Simbol-simbol
Flowchart
- Flow direction symbols
•
Digunakan
untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain
• Disebut juga connecting line
2. Processing symbols
• Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur
3. Input /
Output symbols
•
Menunjukkan
jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output
Processing Symbols
•
Simbol
process
•
Menyatakan
suatu tindakan (proses) yang dilakukan oleh komputer
•
Simbol
manual
•
Menyatakan
suatu tindakan (proses) yang tidak dilakukan oleh komputer
•
Simbol
decision
•
Menujukkan
suatu kondisi tertentu yang akan menghasilkan dua kemungkinan jawaban : ya /
tidak
•
Simbol
predefined process
•
Menyatakan
penyediaan tempat penyimpanan suatu pengolahan untuk memberi harga awal
•
Simbol
terminal
•
Menyatakan
permulaan atau akhir suatu program
•
Simbol
keying operation
•
Menyatakan
segal jenis operasi yang diproses dengan menggunakan suatu mesin yang mempunyai
keyboard
•
Simbol
offline-storage
•
Menunjukkan
bahwa data dalam simbol ini akan disimpan ke suatu media tertentu
•
Simbol
manual input
• Memasukkan data secara manual dengan menggunakan online keyboard
Input / Output Symbols
•
Simbol
input/output
•
Menyatakan
proses input atau output tanpa tergantung jenis peralatannya
•
Simbol
punched card
•
Menyatakan
input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu
•
Simbol
magnetic tape
•
Menyatakan
input berasal dari pita magnetis atau output disimpan ke pita magnetis
•
Simbol
disk storage
•
Menyatakan
input berasal dari dari disk atau output disimpan ke disk
•
Simbol
document
•
Mencetak
keluaran dalam bentuk dokumen (melalui printer)
•
Simbol
display
•
Mencetak
keluaran dalam layar monitor
Contoh System Flowchart
Kaidah Pembuatan Flowchart
Pengolahan data
Menghitung luas persegi panjang
❑ Flowchart untuk menentukan bilangan genap/ganjil
- Mengidentifikasi Rancangan User Interface PART 1
- Mengidentifikasi Rancangan User Interface PART 2
- Cara Membuat Input dan output data (CRUD) dengan PHP dan MySQL
- Installasi Alat Bantu dan Pengantar Algoritma PART1
- Installasi Alat Bantu dan Pengantar Algoritma PART2
- Praktikum Pemrograman Mobile Android Studio 3
- Membuat Multiple Activites di Androdi Studio
- cara mendapatkan uang umkm online dari Facebook diperpanjang hingga 02 November 2020
Pas banget ada materi dan tugas kuliah ttg ini, makasih kak infonyaa :)
ReplyDeleteSemangat terus kak :)
siap,tetap semangat ya kak :)
Delete