PENGANTAR ALGORITMA DAN FLOWCHART

   


  Definisi Algoritma

  Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

  Kata logis ( logika ) merupakan kata kunci dalam algoritma.

  Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan bernilai benar atau salah.


Konsep Dasar Algoritma

  Agoritma adalah kumpulan intruksi/perintah yang dibuat secara jelas dan sistematis berdasarkan urutan yang logis (logika) untuk penyelesaian suatu masalah.

  French, c.s. (1984) menyatakan sejumlah konsep yang mempunyai relevansi dengan masalah rancangan program yaitu kemampuan computer, kesulitan dan ketepatan.

  Penerapan dari konsep tersebut biasanya digunakan dalam rancangan algoritma.

    Dalam merancang sebuah algoritma, Fletcher (1991) memberikan beberapa cara atau metode yaitu kumpulan perintah, ekspresi, tabel intruksi, program computer, kode semu, dan flow chart, sedangkan Knuth (1973) menyarankan algoritma fundamental untuk keperluan matematika dan program computer, metode yang sering digunakan yaitu:

  Diagram Alir (Flow chart)

  Kode Semu (Pseudo Code)

  Algoritma Fundamental


Diagram Alir (Flow chart)

  Flow chart adalah suatu representasi secara diagram yang mengiluatrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil.

  Dengan kata lain, flow chart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkn algoritma dalam symbol-simbol gambar.


Kode Semu (Pseudo Code)

  Pseudo code adalah urutan baris algoritma seperti code pemrograman dan tidak memiliki sintak yang baku.

  Contoh:

START

Masukkan A

Masukkan B, Tampilkan B

Tampilkan A

End


    Algoritma Fundamental

        Aturan Algoritma Fundamental

        1. Nama/judul algoritma harus ditulis dengan huruf kapital

        2. Berikan komentar dan penjelasan pendahuluan.

        3. Pernyataan dan struktur Kontrol

        4. Nama-nama variabel harus ditulis dengan huruf besar

        5. Input dan output

        6. Prosedur

        7. Fungsi


    Komponen Algoritma

    Knuth (1973) menyatakan 5 komponen utama dalam algoritma yaitu finiteness, defineteness, input,        output dan effectivities. Sehingga dalam merancang sebuah algoritma ada 3 komponen yang harus         ada yaitu :

  Komponen Masukan (Input)

  Komponen Keluaran (Output)

  Komponen Proses (Processing)


Komponen Masukan (Input)

      Komponen ini biasanya terdiri dari pemilihan variabel, jenis variabel, tipe variabel, konstanta, dan parameter (dalam fungsi).


      Komponen Keluaran (Output)

  Komponen ini merupakan tujuan dari perancangan algoritma dan program.

  Permasalahan yang diselesaikan dalam algoritma dan program harus ditampilkan dalam komponen keluaran.

  Karakteristik yang baik adalah benar (menjawab) permasalahan dan tampilan yang ramah (friendly).


Komponen Proses (Processing)

  Komponen ini merupakan bagian utama dan terpenting dalam merancang sebuah algoritma.

Dalam bagian ini terdapat logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantic), rumusan, metode (rekursi, perbandingan, penggabungan, pengurangan, dan lain-lain).


       Pemrograman Dasar

  Pemrograman merupakan suatu proses yang meliputi menulis, testing,  memperbaiki, dan memaintenace (memelihara) perintah-perintah (kode/ script) sebuah program komputer.

      Sesuai dengan pengertian diatas maka proses pemrograman yang akan dilalui yaitu :

  Programmer menulis kode-kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu

   Setelah kode-kode selesai ditulis, programmer akan melakukan rilis (biasanya ada versi program alfa, beta, dan stable) dan testing.

  Lalu programmer akan mencari apakah ada kesalahan (debug) pada program yang sudah dirisil

  Jika ditemukan debug, programmer akan mencari dimana letak kesalahan kemudian memperbaikinya

  Tahap selanjutnya programmer akan merilis program  dengan versi yang lebih baru. Lalu akan dilakukan pemeliharaan secara berkala.


        Konsep Dasar Pemrograman

        Konsep dasar pemrograman komputer yaitu:

  Input merupakan proses memasukan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input (mouse, keyboard atau lainnya)

  Setelah data di inputkan maka akan diproses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari : menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan (storage).

  Data yang sudah diproses akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output (speaker, monitor, atau lainnya).


Namun kini konsep tersebut dikembangkan lagi menjadi Oiginating 🡪 Input 🡪 Proses 🡪 Output 🡪 Distribution.

  Originating yaitu pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.

  Sedangkan distribution adalah proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.

Ada satu lagi komponen penting yaitu Storage.

  Storage adalah tahapan yang merekam hasil pengolahan data. Dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.




        Bahasa Pemrograman

  Bahasa pemrograman digunakan untuk membuat sebuah program komputer yang terdiri dari kumpulan kode-kode (sintaks) yang digunakan untuk mengerjakan proses tertentu pada komputer.

  Bahasa pemrograman memiliki tugas untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer.

Gambaran sederhana komputer dan intruksi program




Berdasarkan tingkatannya bahasa pemrograman komputer dibedakan menjadi 2 yaitu:

  Bahasa Tingkat Rendah : yaitu bahasa pemrograman yang hanya dimengerti oleh mesin. Bahasa ini dikerjakan langsung oleh mesin. Contohnya yaitu bahasa standar rakitan atau biasa kita kenal dengan assembler.

  Bahasa tingkat tinggi : Bahasa ini sudah mendekati bahasa manusia. Artinya pengguna sudah dapat memahami bahasa ini. Mesin membutuhkan compiler untuk mengerjakan perintah. PHP, java, C++, Pascal dan masih banyak lainnya merupakan contoh dari bahasa tingkat tinggi.


      Flowchart

         Bagan-bagan yang mempunyai arus

         Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah

         Merupakan salah satu cara penyajian algoritma


Mengapa Flowchart

a. Relationship

    Flowchart dapat memberikan gambaran yang efektif, jelas, dan ringkas tentang prosedur logic. Teknik penyajian yang bersifat grafis jelas akan lebih baik daripada uraian-uraian yang bersifat teks khususnya dalam menyajikan logika-logika yang bersifat kompleks.

b. Analysis

Dengan adanya pengungkapan yang jelas dalam model atau chart, maka para pembaca dapat dengan mudah melihat permasalahan atau memfokuskan perhatian pada area-area tertentu pada sistem informasi.

c. Communication

Karena simbol-simbol yang digunakan mengikuti suatu standar tertentu yang sudah diakui secara umum, maka flowchart merupakan alat bantu yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan logika suatu masalah atau dalam mendokumentasikan logika tersebut.

    Tujuan

  Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah

  Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas

  Menggunakan simbol-simbol standar


Model / Jenis Flowchart

  System Flowchart

  Program Flowchart


System Flowchart

  Menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut

  Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah

  Hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk


Contoh Penggunaan System Flowchart



Program Flowchart

  Menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah

  Dua jenis metode penggambaran program flowchart :

  Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara global.

  Detail flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci


Contoh Flowchart





Simbol-simbol Flowchart

  1. Flow direction symbols

         Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain

         Disebut juga connecting line

2. Processing symbols

                     Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur

3. Input / Output symbols

         Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output


Processing Symbols




         Simbol process

         Menyatakan suatu tindakan (proses) yang dilakukan oleh komputer

         Simbol manual

         Menyatakan suatu tindakan (proses) yang tidak dilakukan oleh komputer

         Simbol decision

         Menujukkan suatu kondisi tertentu yang akan menghasilkan dua kemungkinan jawaban : ya / tidak

 

         Simbol predefined process

         Menyatakan penyediaan tempat penyimpanan suatu pengolahan untuk memberi harga awal

         Simbol terminal

         Menyatakan permulaan atau akhir suatu program



         Simbol keying operation

         Menyatakan segal jenis operasi yang diproses dengan menggunakan suatu mesin yang mempunyai keyboard

         Simbol offline-storage

         Menunjukkan bahwa data dalam simbol ini akan disimpan ke suatu media tertentu

         Simbol manual input

         Memasukkan data secara manual dengan menggunakan online keyboard


Input / Output Symbols




         Simbol input/output

         Menyatakan proses input atau output tanpa tergantung jenis peralatannya

         Simbol punched card

         Menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu

         Simbol magnetic tape

         Menyatakan input berasal dari pita magnetis atau output disimpan ke pita magnetis

         Simbol disk storage

         Menyatakan input berasal dari dari disk atau output disimpan ke disk




         Simbol document

         Mencetak keluaran dalam bentuk dokumen (melalui printer)

 

         Simbol display

         Mencetak keluaran dalam layar monitor


Contoh System Flowchart



Kaidah Pembuatan Flowchart



Pengolahan data


Menghitung luas persegi panjang



  Flowchart untuk menentukan bilangan genap/ganjil





Done 😄




Baca Juga Tentang artikel di bawah ini :



 







Republic People Saya adalah seorang yang suka membuat konten dengan disiplin belajar baik itu mengenai Informasi teknologi (IT), wawasan umum, berita terkini, soal - soal ujian maupun psikotes dan membagikan tips dan trik yang bermanfaat bagi diri saya khususnya maupun masyarakat luas.

2 Responses to "PENGANTAR ALGORITMA DAN FLOWCHART"

  1. Pas banget ada materi dan tugas kuliah ttg ini, makasih kak infonyaa :)
    Semangat terus kak :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel