Sistem Pakar
Definisi
l Sistem pakar adalah sistem yang meniru kepakaran
(keahlian) seseorang dalam bidang tertentu dalam menyelesaikan suatu
permasalahan
Definisi (contd.)
l Sistem pakar juga disebut sistem berbasis pengetahuan
(knowledge-base system)
l Merupakan pengembangan dari DSS yang memiliki fungsi
sebagai konsultan
l ES memiliki kemampuan berdialog dengan user dan
memberikan saran, kesimpulan
Baca Juga : Materi Pengantar Sistem Pendukung Keputusan
Baca Juga : Materi Pengantar Sistem Pendukung Keputusan
Baca Juga : Materi Pengantar Sistem Pendukung Keputusan
ARSITEKTUR STRUKTUR SISTEM PAKAR (Turban,1995)
l Akuisisi pengetahuan, memasukkan pengetahuan dari seorang
pakar dgn cara merekayasa pengetahuan agar bisa diproses oleh komputer.
l Basis pengetahuan, berisi pengetahuan utk memahami,
memformulasikan dan menyelesaikan masalah (fakta dan rule/aturan)
l Mesin inferensi, program utk memandu proses penalaran
berdasarkan basis pengetahuan yg ada.
l Workplace, utk merekam hasil sementara yg akan dijadikan
sbg keputusan dan utk menjelaskan masalah yg sedang terjadi.
Baca Juga : Sistem Pakar dan Sitem Pendukung Keputusan
Baca Juga : Sistem Pakar dan Sitem Pendukung Keputusan
Baca Juga : Sistem Pakar dan Sitem Pendukung Keputusan
PERBANDINGAN ANTARA PAKAR dengan SISTEM PAKAR
Keuntungan Sistem Pakar Kusumadewi,2003
- Memungkinkan
orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli.
- Bisa melakukan
proses berulang secara otomatis
- Menyimpan
pengetahuan dan keahlian para pakar
- Meningkatkan
output dan produktivitas
- Meningkatkan
kualitas
- Mampu
mengambil dan melestarikan keahlian para pakar
Kelemahan Sistem Pakar
- Tidak
dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten
- Sistem
Pakar tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi
- Untuk membuat
sistem pakar yang berkualitas tinggi sangat sulit dan butuh biaya yang
besar untuk pengembangan dan pemeliharaannya.
- Sistem pakar tidak 100% benar dan menguntungkan sehingga perlu selalu diuji ulang secara teliti sebelum digunakan.
Dalam hal ini, peran manusia tetaplah menjadi FAKTOR
yang DOMINAN.
CONTOH
l XSEL :bertindak sebagai asisten penjual
l MYCIN : di bidang kedokteran
Baca Juga : Tugas Komponen GIS
Baca Juga : Tugas Komponen GIS
Baca Juga : Tugas Komponen GIS
CONTOH (contd.)
l SP : Apakah buah berbentuk bulat ?
l U :Ya
l SP : Apakah buah berwarna hijau ketika muda dan kuning
ketika sudah tua ?
l U : Tidak
l SP :Apakah buah berwarna hijau ketika muda dan merah
ketika sudah tua ?
l U : Ya
l SP : Apakah berbatang?
l U :Ya
l SP : Menurut pengetahuan yang saya miliki APEL
memenuhi kriteria yang anda sebutkan
Contoh
l Diketahui sistem pakar dengan aturan-aturan sbb :
¡ R1 : IF suku bunga turun THEN harga obligasi naik
¡ R2 : IF suku bunga naik THEN harga obligasi turun
¡ R3 : IF suku
bunga tidak berubah THEN harga obligasi tidak berubah
¡ R4 : IF dolar naik THEN suku bunga turun
¡ R5 : IF dolar turun THEN suku bunga naik
¡ R6 : IF harga obligasi turun THEN beli obligasi
l Apabila diketahui bahwa dolar turun, maka untuk
memutuskan apakah akan membeli obligasi atau tidak dapat ditunjukkan sbb:
Forward Chaining
Dari fakta dolar turun, berdasarkan aturan 5 diperoleh konklusi suku bunga
naik. Dari aturan 2, suku bunga naik menyebabkan harga obligasi turun. Dengan
aturan 6, jika harga obligasi turun maka kesimpulan yang diambil adalah membeli
obligasi.
Backward Chaining
l Berangkat dari
solusi yaitu membeli obligasi dengan menggunakan aturan 6 diperoleh anteseden
harga obligasi turun. Dari aturan 2 akan dibuktikan harga obligas turun
bernilai benar jika suku bunga naik bernilai benar. Dari aturan 5 suku bunga
naik memang bernilai benar karena diketahui fakta dollar turun.
Aplikasi Sistem Pakar
Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru pada Anak
Sistem Pakar untuk Konsultasi Hukum
Baca Juga : PENGANTAR ALGORITMA DAN FLOWCHART
Baca Juga : PENGANTAR ALGORITMA DAN FLOWCHART
Baca Juga : PENGANTAR ALGORITMA DAN FLOWCHART
Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Epilepsi
Baca Juga : Tutorial menambahkan Audio di android studio
Baca Juga : Tutorial menambahkan Audio di android studio
Baca Juga : Mengidentifikasi Rancangan User Interface PART 2
Referensi
l Sutojo, T., Mulyanto, E., Suhartono, V. (2011),
“Kecerdasan Buatan”, Andi
Yogyakarta
l Slide kuliah : DR. KUSRINI, M.KOM
Baca Juga Tentang artikel di bawah ini :
- Mengidentifikasi Rancangan User Interface PART 1
- Mengidentifikasi Rancangan User Interface PART 2
- Cara Membuat Input dan output data (CRUD) dengan PHP dan MySQL
- Installasi Alat Bantu dan Pengantar Algoritma PART1
- Installasi Alat Bantu dan Pengantar Algoritma PART2
- Praktikum Pemrograman Mobile Android Studio 3
- Membuat Multiple Activites di Androdi Studio
- cara mendapatkan uang umkm online dari Facebook diperpanjang hingga 02 November 2020
- Top 10 Interview Questions and Best Answers
- Tugas Komponen GIS
- Tutorial menambahkan Audio di android studio
- Kumpulan Soal-Soal Metodologi Penelitian Part 2
- Materi Pengantar Sistem Pendukung Keputusan
- Tren industri e- commerce Tahun 2020
- Sistem Pakar dan Sitem Pendukung Keputusan
- Manfaat Garam Himalaya Untuk Menurukan Darah Tinggi
- Mengalami Susah Tidur (Insomnia)? 9 Tips Menyembuhkan Insomnia
- Cara membuat Sistem Informasi Geografis (ArgGis) - Geoprocessing
0 Response to "Sistem Pakar"
Post a Comment